Breaking News
Home / Tulisan / Alkisah / Air dan Ikan

Air dan Ikan

Air dan Ikan

 

Pondok-harmoni.com – Dikisahkan seorang ayah mengajak anaknya bermain ke tepian sungai yang sejuk dan indah. Sambil menelusuri tepian sungai, mereka berbincang dengan sangat akrabnya. Sang Ayah berkata kepada anaknya, “Lihatlah anakku, air begitu penting dalam kehidupan ini, tanpa air kita semua akan mati.”

Tanpa mereka sadari, seekor ikan kecil mendengar percakapan itu dari dalam sungai, ikan kecil itu mendadak penasaran dan ingin tahu apa itu Air, yang menurut sang bapak begitu penting dalam kehidupan ini.

Didorong keingin tahuan yang sangat, Ikan kecil itu berenang dari hulu sampai ke hilir sungai sambil bertanya kepada setiap ikan yang ditemuinya, “Hai tahukah kamu dimana tempat air berada? Aku telah mendengar percakapan manusia bahwa tanpa air kehidupan akan mati.”

Ternyata semua ikan yang telah ditanya tidak mengetahui dimana air itu, si ikan kecil itu semakin kebingungan, lalu ia berenang menuju mata air untuk bertemu dengan ikan sepuh yang sudah berpengalaman, kepada ikan sepuh itu ikan kecil ini menanyakan hal yang sama, “Dimakah air?”

Ikan sepuh itu menjawab dengan bijak, “Tak usah gelisah anakku, air itu telah mengelilingimu, sehingga kamu bahkan tidak menyadari kehadirannya. Memang benar, tanpa air kita semua akan mati.”

Begitulah kehidupan, seringkali kita mengerahkan segala daya upaya untuk mencari kebahagiaan, padahal tanpa kita sadari, kebahagiaan tersebut senantiasa melingkupi kita tanpa pernah berhenti, karena kebahagiaan tersebut hadir salah satunya dari hati yang bersyukur.

Rasa syukur kita mestinya tidak pernah berhenti, karena nikmat dari Tuhan sebagai bahan bakar rasa syukur kita juga tak sekalipun berhenti mengalir kepada kita.

Termasuk dalam mengejar tujuan hidup, kita seringkali terjebak dalam rutinitas yang menjauhkan kita dari apa yang mestinya kita kejar dan kita jalani, padahal semakin kita tidak berfokus pada apa yang mestinya kita kejar, semakin jauh dari apa yang seharusnya kita dapatkan. Salam harmoni, salam semangat…!!

About abdullatiefku

Check Also

Sebotol Air di Gurun

Sebotol Air di Gurun   Pondok-harmoni.com – Dikisahkan seorang pengembara tengah tersesat di padang gurun. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *