Breaking News
Home / Tulisan / Spiritual / Bertambah = Berkurang

Bertambah = Berkurang

BERTAMBAH = BERKURANG

 

 

pondok-harmoni.com – Hal apakah yang jika ia bertambah sekaligus akan berkurang?

 

Itu adalah USIA kita. Saat bilangan usia bertambah, artinya jatah usia atas hidup kita semakin berkurang.

 

Lantas, saat berulang tahun, manakah yang layak kita ucapkan, “selamat bersuka cita atas bertambahnya usia..” Atau “turut berduka atas berkurangnya jatah hidup” ???

 

Dalam konteks Positive Mental Attitude, tentunya kita harus selalu berpikir, merasa dan berbuat positif atas setiap hal, termasuk saat menghadapi perulangan tahun kita.

 

Saat tahun kelahiran kita berulang, itu artinya kita masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk memperbaiki diri dan mengisi sisa hidup kita dengan kebaikan. Pertanyaannya adalah, sudahkah kita melakukannya?

 

Momen perulangan hari lahir adalah moment terbaik bagi kita untuk melakukan 3 hal, yaitu : KONTEMPLASI, INTROSPEKSI dan PROYEKSI. Atau dapat kita sederhanakan dengan istilah. GALI, KUBUR, dan TANAM.

 

Saatnya kita mengGALI di tanah hati kita, untuk menyadari bahwa yang terjadi pada diri kita adalah buah perbuatan kita sendiri. Jadi, mari berhenti menyalahkan. Kita bisa, mengkambing hitamkan keadaan,  namun faktanya, banyak orang sukses menghadapi kondisi yang lebih buruk dari kita. Berhentilah membuat alasan dan menyalahkan, GALI pada saja FAKTOR SUKSES dan GAGAL kita!!!

 

Selanjutnya, mari kita KUBUR.

KUBUR semua kebiasaan buruk dan FAKTOR KEGAGALAN yang kita buat. KUBUR di dasar jiwa paling dalam, dan jangan pernah membangkitkannya kembali.

 

Yang terakhir, proyeksi atau istilah saya adalah TANAM.!! Mari kita MENANAMKAN semangat (spirit) untuk memperbaiki kekurangan selama satu tahun ke belakang dan mengobarkan  semangat untuk menghadapi tantangan tahun ke depan, agar kita memperoleh kemenangan dan kesuksesan

 

Jadi, GALI penyebab kegagalan dan faktor sukses, KUBUR penyebab kegagalan, dan TANAM semangatt dan kebiasaan positif yang mensukseskan.

 

Dengan demikian, Saat USIA BERTAMBAH, akan BERTAMBAH INVESTASI KEBAIKAN, dan Saat JATAH HIDUP BERKURANG, BERKURANG pula KEBURUKAN DIRI KITA.

 

GAJAH mati meninggalkan GADING,

HARIMAU mati menyisakan BELANG,

KiTA mati, PRASASTI KEBAIKAN apa yang kita wariskan???

 

Mari MELANGKAH bersama TUHAN..

 

 

 

* 12 januari 2013, 30 tahun sudah, dan entah sampai kapan…

* Kuingin selalu bersamaNYA hingga Saat tiba waktuku..

 

12 januari 2013.

Oleh Abdul Latief, WTS

WTS: Writer Trainer Speaker. Penulis telah menerbitkan beberapa buku dan aktif di pengembangan sumber daya manusia, training public speaking, leadership, managemen, motivasi, dan beragam program lainnya bagi termasuk menyemai pengembangan para pelajar dan mahasiswa di Banten dengan program Early Leadership dan Early Motivaton.

follow twitter: @pondok_harmoni

Instragram : @abdullatiefku & @harmonydailyquotes

Email : pondok.harmoni@gmail.com

About abdullatiefku

Check Also

Memecah Kebekuan Hati

Memecah Kebekuan Hati Jakarta, 27 Maret 2008 Oleh Abdul Latief “Hattrick….!” teriakku pagi ini. Tiga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *