Breaking News
Home / Tulisan / Motivasi / Istirahat dan Asah

Istirahat dan Asah

Istirahat dan Asahlah

 

 

Pondok-harmoni.com – Dikisahkan tentang seorang bapak dan pemuda yang setiap hari menebang kayu di hutan. Keduanya memiliki kondisi fisik yang berbeda, sang bapak sudah separuh baya dengan tenaga yang tidak lagi terlalu kuat, sedangkan sang pemuda, memiliki badan tegap, gagah, dan tenaga yang masih kuat.

Barangkali dikarenakan tenaga yang sudah tidak terlalu kuat, setelah menebang selama 50 menit, Sang Bapak beristirahat selama 10 menit. Lain halnya dengan si pemuda, ia terus bekerja sepanjang hari tanpa pernah beristirahat sedikitpun, targetnya harus menebang kayu sebanyak-banyaknya.

Di sore harinya, saat bersiap untuk pulang, Sang Pemuda terkejut ternyata hasil tebang kayu yang diraih Sang Bapak lebih banyak ketimbang kayu yang sepanjang hari ia tebang dengan penuh semangat.

Penasaran dengan hal tersebut, Sang Pemuda bertanya kepada Sang bapak mengenai hal tersebut.

Dengan penuh perhatian, sang Bapak menjelaskan kepada pemuda tersebut, “Anakku, Bekerja keras adalah keharusan, namun yang yang seringkali tidak disadari adalah bahwa Istirahat juga adalah sebuah pekerjaan. Beristirahatlah sesekali untuk mengasah kapakmu, memulihkan pasokan tenagamu, evaluasi sekitarmu, dan kembalikan semangatmu. Dengan demikian, kita dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil yang kita jalani”

Sejak saat itu sang Pemuda selalu meluangkan waktu untuk beristirahat, dan mengasah kapak yang ia miliki hingga akhirnya melampuai hasil dari yang dicapai saat ini.

Begitulah, setiap sesuatu ada batasnya, termasuk tubuh kita yang juga memerlukan istirahat, dan alat bantu yang kita gunakan perlu dirawat, dengan demikian kita dapat menjaga kualitas diri dan semangat hidup demi mencapai yang terbaik.

Abraham Lincoln pernah bertutur “Jika memiliki waktu 10 jam untuk merobohkan pohon, saya akan gunakan 8 jam untuk mengasah kapak”.

 

About abdullatiefku

Check Also

Temukan Diri

TEMUKAN DIRI   pondok-harmoni.com – Salah satu kebiasaanku yang tak bisa hilang adalah harus membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *