Breaking News
Home / Tulisan / Alkisah / Katak dan Siput Sinis

Katak dan Siput Sinis

Katak dan Siput Sinis

 

 

Pondok-harmoni.com – Dikisahkan, terdapat seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak. Semakin hari rasa sinis tersebut semakin menjadi hingga membuat sang katak merasa terusik. Akhirnya, sang katak yang kehilangan kesabaran bertanya ke sang Siput: “Wahay Siput temanku, kesalahan apa yang telah saya perbuat kepadamu hingga kamu selalu membenci saya?”

Sang Siput bertutur dengan ucapan yang penuh sinis “Wajar kalau saya merasa sinis dengna kalian para katak.!! Kalian memiliki empat kaki yang dapat membuat kalian melompat ke berbagai tempat dengan mudah. Sedangkan kami para siput, selalu kesusahan karena harus membawa cangkang yang berat ini, merayap lambat di tanah, sehingga membuat kami susah bepergian.”

“Wahai Siput kawanku, kehidupan ini memiliki jalan hidup, tantangan, dan anugerahnya masing-masing. Semua itulah yang mesti kita syukuri dan hadapi dengan penuh semangat. Rasa iri hanya akan membuat kita semakin menderita dan terjebak dalam ketidak bahagiaan. Rasa iri dengki yang ada dalam dirimu hanya akan merenggut kebahagiaanmu dan membutakan mata hatimu. Padahal kami para katak juga memiliki penderitaan kami sendiri yang tidak engkau sadari.  ”

Belum lama katak bertutur, tiba-tiba seekor elang besar terbang cepat ke arah mereka, dengan cepat Siput memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang.

***

Begitu juga kehidupan yang kita jalani, seringkali kebahagiaan kita sirna karena berfokus pada membandingkan diri kita dengan orang lain. “Rumput tetangga terlihat lebih hijau” istilah popular ini yang akhirnya menghinggapi, saat kita melupakan rasa syukur atas anugerah yang telah Tuhan karuniakan kepada kita dan bersyukur atas pencapaian yang telah kita raih.

Rasa syukur akan menambah kebahagiaan, sebaliknya iri dengki akan menyiksa dan merenggut semangat dan rasa bahagia kita dalam mengejar tujuan hidup kita yang hakiki. Salam harmoni.

 

About abdullatiefku

Check Also

Air dan Ikan

Air dan Ikan   Pondok-harmoni.com – Dikisahkan seorang ayah mengajak anaknya bermain ke tepian sungai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *