Breaking News
Home / Tulisan / Motivasi / Tahun Baru, semangat Baru

Tahun Baru, semangat Baru

Tahun Baru, semangat Baru

“Mata Uang yang Paling berharga di dunia ini adalah Waktu. Tidak seorangpun bisa membeli waktu yang sudah terpakai.” (Anonim).

 

pondok-harmoni.com – Beberapa waktu yang lalu dunia sempat dihebohkan dengan ramalan yang menyatakan bahwa tahun 2012 adalah akhir dari dunia, cuaca tidak menentu, es di kutub mencair, global warming, banjir dan gempa akan menghancurkan peradaban. Tak sedikit orang yang pecaya akan hal tersebut, bahkan beberapa diantaranya sudah mengantisipasi dengan membuat lubang perlindungan, kendaraan bak bahtera Nuh, stock makanan, bertenda di puncak gunung, atau hanya sekedar pasrah.

Kini, kita telah tiba di tahun yang baru, tahun 2013. Itu artinya, ramalan tentang akhir dunia tidaklah terbukti, kita masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk menjalani kehidupan demi mencapai yang terbaik. Pertanyaannya adalah, sudahkah kita melakukan yang terbaik di tahun sebelumnya? dan sudahkah kita menyiapkan langkah terbaik untuk menyongsong tahun ini dan tahun yang akan datang?

Moment pergantian tahun, adalah moment terbaik bagi kita untuk melakukan refleksi dan mengevaluasi diri secara menyeluruh. Saatnya kita bercermin dengan segenap kerendahan hati dan ketulusan jiwa, tentang apa yang telah kita lakukan di tahun lalu dan apa yang akan kita rencanakan di tahun mendatang, Berderap dengan langkah baru yang lebih baik ketimbang napak tilas kita di tahun sebelumnya.  Kita dapat menyebutnya dengan Refleksi dan Resolusi.

Refleksi Menurut Dewey, dalam bukunya ‘How We Think’ adalah “active, persistent, and careful consideration of any belief or supposed form of knowledge in the light of the grounds that support it and the further conclusions to which it tends“. Atau dengan kata lain, refleksi mendorong kita untuk aktif menyadari tentang segala hal yang kita yakini, pikirkan, ucapkan, dan kita lakukan di masa yang lalu . Refleksi bisa juga diartikan dengan Introspeksi dan kontemplasi.

Dalam refleksi diri, ada 4 hal yang harus kita sadari: Pertama, Tanggung Jawab kita. Semua perbuatan kita adalah penyebab semua kesuksesan dan kegagalan kita. Jadi apapun yang akan terjadi pada diri kita di tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang sepenuhnya terletak di tangan kita.

Kedua, Berhenti menyalahkan. Kita bisa mengkambing hitamkan kondisi ekonomi, kebijakan perusahaan,  sikap atasan, orang tua, istri/suami, dan seterusnya,  namun faktanya, banyak orang yang berhasil mengatasi faktor yang membatasi tersebut dan mencapai sukses. Yang menghambat sukses kita adalah diri sendiri. Berhentilah membuat alasan dan menyalahkan. Bangkitlah !!

Ketiga, Berhenti mengeluh. Sadarkah kita, bahwa dengan mengeluh, semua hal hal buruk yang terjadi pada diri kita tidak akan pernah berubah? Jadi berhentilah mengeluh, mengeluh hanya akan membuat kita semakin tidak bersemangat. Ubah tindakan jika kita ingin mengubah hasilnya.

Keempat, Kubur dan Gali. Mari kita coba ingat-ingat lagi perjalanan di tahun 2012 ini:  Apa saja kegagalan dan keberhasilan kita selama ini? Faktor kegagalan apa yang harus kita kubur agar kegagalan tidak lagi berulang? Lalu, apa saja faktor sukses yang harus kita pertahankan agar dapat meningkatkan keberhasilan kita kelak? Mari berkomitmen untuk mengubur semua perilaku buruk dan menggali semua potensi positif diri kita..!!

Setelah merefleksi diri, marilah kita membuat Resolusi.  “Resolusi tahun baru itu sangat penting,” kata Dr Mehmet Oz, ahli bedah cardiothoracic dari Columbia University yang kerap menjadi narasumber di Oprah Winfrey Show. “Ketika Anda menyusun rencana yang membuat Anda mampu membulatkan tekad untuk berhasil, Anda akan mengikuti bagian-bagian dari rencana tersebut. Tidak membuat rencana, itu kesalahan terbesar.”

Resolusi berasal dari kata Resolution. Dalam kamus Jhon M Echols,  “re-solution” artinya “ketetapan hati”, jadi berbicara resolusi berarti berbicara tentang ketetapan hati berkenaan dengan rencana di tahun depan. Dengan resolusi itulah kita akan terus memiliki semangat (spirit) untuk memperbaiki kekurangan selama satu tahun ke belakang dan menyalakan semangat untuk menghadapi tantangan tahun ke depan, agar kita memperoleh kemenangan dan kesuksesan.

Menghadapi kehidupan masa depan pastilah membutuhkan perencanaan dan strategi tersendiri, resolusi yang tepat mutlak dibutuhkan. Namun seringkali resolusi yang kita buat tidak berjalan dengan baik bahkan terlupakan, untuk itu, marilah kita susun resulosi dengan beberapa langkah berikut;  Pertama, Tetapkan gol yang realistik, yang dapat dicapai. Menang undian satu milyar bukanlah gol yang realistik.  Boleh saja bermimpi, tetapi apakah mimpi itu dapat  direalisasikan? Berpikirlah lebih logis dan realistis. Daripada kita kecewa akan tidak terlaksananya resolusi yang sudah dibuat.

Kedua, Gambarkan resolusi anda secara spesifik. Gagal merencanakan, berarti merencanakan kegagalan. Pastikan kita tahu dan merumuskan secara jelas apa yang akan kita lakukan, apa yang kita butuhkan, waktu mewujudkan, serta siapa yang dapat kita ajak untuk mewujudkan resolusi.

Ketiga, Penting dan berguna. Pastikan resolusi kita itu merupakan hal yang sesungguhnya penting bagi kita, dan orang sekitar kita. Resolusi yang bersumber dari keinginan nurani tak akan mudah padam terhantam cobaan kegagalan.

Keempat, Tulis, baca dan selalu ingat. Seringkali di tengah jalan, kita melupakan resolusi yg kita buat, untuk itu Membaca catatan resolusi akan selalu memacu semangat dan mengingatkan kita akan komitmen yang telah dibuat. Pajanglah resolusi yang kita buat, pajang di dinding rumah dan relung hati kita.

kelima, Mulai segera, pantang menyerah, dan berdoa. Mulailah segera, jangan mundur karena kerikil menghadang, dan sertakan Tuhan di hati kita saat mewujudkannya.

Jadi, sudahkah kita refleksi diri dan menyiapkah resolusi?  sudahkah kita melakukan langkah pertama untuk melaksanakannya? Mau beruntung di tahun 2013? Tak perlu datang ke dukun atau paranormal, segera reflaksi diri dan wujudkan resolusi. sesungguhnya keberuntungannya tidak pernah terjadi jika kita tidak berlatih dan bersiap siap untuk meraihnya. Keberuntungan adalah pertemuan antara kesiapan dengan kesempatan.

Bersama kita sambut tahun 2013, Selamat Tahun Baru,
Selamat Melangkah dengan semangat baru…

Oleh Abdul Latief, WTS

WTS: Writer Trainer Speaker. Penulis telah menerbitkan beberapa buku dan aktif di pengembangan sumber daya manusia, training public speaking, leadership, managemen, motivasi, dan beragam program lainnya bagi termasuk menyemai pengembangan para pelajar dan mahasiswa di Banten dengan program Early Leadership dan Early Motivaton.

follow twitter: @pondok_harmoni

Instragram : @abdullatiefku & @harmonydailyquotes

Email : pondok.harmoni@gmail.com

About abdullatiefku

Check Also

Katak Tuli

Katak Tuli     pondok-harmoni.com – Sebulan yang lalu, entah mengapa aku rindu pada Profesor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *